Konsumsi Realfood Bukan Hanya Saat Diet, Kenapa?
Sumber: Canva.com

Health / 27 September 2024

Kalangan Sendiri

Konsumsi Realfood Bukan Hanya Saat Diet, Kenapa?

Aprita L Ekanaru Official Writer
129

Apakah Anda pernah merasa hanya perlu menjaga pola makan ketika sedang diet?

Banyak dari kita sering terjebak dalam pola pikir bahwa makanan sehat hanya perlu dikonsumsi saat berat badan mulai naik atau saat sedang menjalankan program diet tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa menjaga pola makan sehat seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari, terutama bagi kita yang ingin menghormati tubuh sebagai bait Allah?

 

BACA JUGA: Tiga Makanan Terbaik untuk Naikkan Mood dengan Sehat

 

Tubuh sebagai Bait Roh Kudus

Dalam 1 Korintus 6:19, dikatakan, "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu?" Sebagai umat percaya, kita dipanggil untuk menjaga tubuh kita, bukan hanya melalui disiplin rohani seperti doa dan ibadah, tetapi juga dengan merawatnya secara fisik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberikan asupan terbaik bagi tubuh kita bukan hanya saat diet, tetapi setiap hari. Realfood, yang berasal dari bahan alami dan minim olahan, adalah salah satu cara untuk merawat tubuh kita dengan optimal.

Apa Itu Realfood?

Realfood mengacu pada makanan yang alami, minim pengolahan, dan bebas dari bahan kimia buatan. Jenis makanan ini mencakup sayur-sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, serta sumber protein sehat seperti ikan, telur, dan daging tanpa lemak. Dengan kata lain, realfood adalah makanan yang 'real' atau asli, tanpa tambahan bahan pengawet, pemanis buatan, atau pewarna yang sering kali merugikan kesehatan dalam jangka panjang.

Manfaat Konsumsi Realfood Setiap Hari

1. Energi yang Berkelanjutan

Mengonsumsi makanan alami akan memberi tubuh energi yang lebih stabil. Berbeda dengan makanan olahan yang sering kali mengandung gula berlebih, realfood tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat mengakibatkan kelelahan dan rasa lapar yang cepat datang kembali.

2. Menjaga Berat Badan Sehat

Realfood membantu kita mengatur porsi makan dengan lebih baik karena kandungan nutrisinya yang seimbang dan lebih mengenyangkan. Ini adalah cara yang efektif untuk menjaga berat badan tanpa harus terus-menerus menjalani diet ketat.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Pola makan yang sehat juga berpengaruh pada kesehatan mental. Studi menunjukkan bahwa nutrisi yang baik dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, membantu kita untuk tetap fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan hubungan kita dengan Tuhan.

 

BACA JUGA: Jangan Lagi Menunda, Inilah 3 Langkah Mudah Memulai Diet Puasa Anda

 

Mulai dari Mana?

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Langkah kecil seperti menambah sayuran di piring, mengganti camilan dengan buah segar, atau memilih biji-bijian sebagai sumber karbohidrat sudah merupakan awal yang baik.

Jadi, mari kita mulai memperhatikan apa yang kita makan, bukan hanya saat diet, tetapi setiap hari. Konsumsi realfood bukan hanya membantu menjaga kesehatan tubuh kita, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab kita dalam merawat tubuh sebagai bait Allah.

Bagikan artikel ini untuk menginspirasi orang lain menjaga tubuh mereka sebagai bait Allah melalui pola makan sehat setiap hari. Mulailah perubahan kecil sekarang dan ajak orang di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami